DEMPLOT JAGUNG MANIS DI LAHAN BALAI PENYULUHAN PERTANIAN KECAMATAN BINANGUN

RUMPUN ONLINE – Jagung manis atau nama latinnya Zea Mays merupakan salah satu jagung yang menjadi primadona di kalangan masyarakat karena rasanya yang tergolong manis, jenis jagung ini biasa dijadikan hidangan jagung rebus ataupun jagung

RUMPUN ONLINE – Jagung manis atau nama latinnya Zea Mays merupakan salah satu jagung yang menjadi primadona di kalangan masyarakat karena rasanya yang tergolong manis, jenis jagung ini biasa dijadikan hidangan jagung rebus ataupun jagung bakar. Jagung manis sendiri berbeda dengan jagung hibrida, jagung manis tidak dijadikan pakan ternak lain halnya dengan jagung hibrida yang dijadikan pakan ternak.

Proses penanaman jagung manis sama dengan jagung hibrida yaitu dengan jarak tanam berkisar 80×25 cm dan satu lubang tanam diisi satu benih jagung manis. Setelah 4 hari jagung sudah mulai tumbuh tunas. Pengairan menjadi faktor utama agar tanaman jagung tidak mati oleh karenanya setelah penanaman hendaknya di siram setiap sore hari, setelah berumur 7 hingga 10 hari hendaknya dilakukan pemupukan pertama, pemupukan bisa menggunakan pupuk urea dan phonska, dengan cara ditugal atau ditebar. Sedangkan pengendalian gulma dilakukan setelah usia jagung beriksar 15 hari pengendalian gulma bisa di cabut atau dengan racun rumput yang khusus untuk tanaman jagung, sehingga tanaman jagung tidak mati, dan pemupukan kedua dilakukan setelah tanaman jagung manis berusia 30 hari pemupukan masih sama menggunakan urea dan phonska.

Dalam satu pohon akan tumbuh dua hingga tiga buah dan perampelan buah muda dilakukan ketika usia tanaman berusia 55 hari, sebaiknya buah yang dirampel adalah buah yang paling bawah, dan sisakan satu buah disetiap tanaman, pemanenan jagung manis dilakukan ketika jagung manis berusia 67 hingga 70 hari, jagung manis yang masuk kategori super satu kilo berisi tiga jagung manis biasanya diburu oleh para penjual jagung bakar.

Balai penyuluhan pertanian binangun memanfaatkan lahan di belakang kantor untuk dijadikan demplot jagung manis.  Demplot ini merupakan salah satu metode yang digunakan dalam menyampaikan materi penyuluhan agar petani tertarik mencoba teknologi yang sudah dicontohkan dalam budidayanya sendiri. (masbro).