Panen Jagung Melimpah, Petani Jagung Desa Sawangan Tersenyum

CILACAP – Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap bersama Forkopimcam Kecamatan Jeruklegi melakukan panen jagung di Gapoktan Sumber Harapan Desa Sawangan, Sabtu (29/05). Panen dilakukan di atas lahan seluas lebih dari 500 Ha. Kepala Dinas Pertanian, Supriyanto,

CILACAP – Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap bersama Forkopimcam Kecamatan Jeruklegi melakukan panen jagung di Gapoktan Sumber Harapan Desa Sawangan, Sabtu (29/05). Panen dilakukan di atas lahan seluas lebih dari 500 Ha.

Kepala Dinas Pertanian, Supriyanto, SP., MP. mengatakan bahwa panen kali ini menghasilkan produksi yang sangat bagus dimana produktivitas bisa mencapai 8,5 ton/Ha jagung pipilan kering dengan harga yang cukup tinggi yaitu Rp.5200,- /kg. “Alhamdulillah panen kali ini petani dapat menikmati hasilnya, selain provitas yang tinggi sekitar 8,5 ton/Ha, harga kali ini juga sangat bagus, diangka Rp.5.200,- /kg,” ujarnya.

Supriyanto berharap hasil yang bagus pada panen kali ini dapat meningkatkan kesejahteraan petani, terutama petani jagung di Desa Sawangan ini. “Semoga hasil panen yang bagus ini dapat menjadikan petani lebih sejahtera, dan dapat menularkan semangatnya kepada petani di daerah lain di Cilacap,” tambahnya.

Semetara itu Sumaryo dari Gapoktan Sumber Harapan mengatakan pada musim tanam kali ini ada sedikit gangguan seperti serangan tikus sehingga mempengaruhi hasil panen. Sumaryo juga berharap pemerintah dapat memberikan bantuan terutama alsintan seperti power thresher dan pompa air untuk lebih memacu produktifitas mereka. “Bantuan alsintan ini sangat kami butuhkan karena kami masih kekurangan alat pasca panen dan pompa air karena disaat musim kemarau kami kesulitan untuk mengairi tanaman kami,” tutupnya. (ben)