Petani dan Penyuluh Berprestasi Cilacap Terima Penghargaan

RUMPUN ONLINE – Pemerintah Kabupaten Cilacap melalui Dinas Pertanian memberikan penghargaan kepada petani dan penyuluh pertanian lapangan (PPL) berprestasi tingkat Kabupaten Cilacap. Penyerahan penghargaan ini diberikan langsung Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji, Jumat (2/10) di

RUMPUN ONLINE – Pemerintah Kabupaten Cilacap melalui Dinas Pertanian memberikan penghargaan kepada petani dan penyuluh pertanian lapangan (PPL) berprestasi tingkat Kabupaten Cilacap. Penyerahan penghargaan ini diberikan langsung Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji, Jumat (2/10) di Balai Desa Pangadegan Kecamatan Majenang, bersamaan dengan peresmian Embung P3A Usaha Tani Makmur Desa Pangadegan. Hadir pada acara tersebut Ketua TP PKK Teti Rohatiningsih, para pejabat di lingkungan Pemkab Cilacap, Forkopincam dan para Kepala Desa di Kecamatan Majenang.

Bupati Tatto mengatakan penghargaan ini diberikan  merupakan wujud apresiasi dan dorongan kepada penyuluh Pertanian dan petani yang berprestasi dengan kinerja yang baik dan telah berhasil meningkatkan kemajuan pertanian di Kabupaten Cilacap.

“Kita berharap penyuluh pertanian yang telah menunjukan prestasi kerjanya dalam bidang penyuluhan terhadap kelompok tani, serta masyarakat dapat terus ditingkatkan untuk kemajuan pertanian di wilayah Cilacap, “ tutur Bupati Tatto.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap,  Supriyanto mengatakan ada 9 kelompok tani berprestasi yang menerima penghargaan dalam peningkatan produksi padi, jagung dan kedelai (pajale). Untuk komoditas padi penghargaan diberikan kepada Kelompok Tani (poktan) Sri Dadi Desa Doplang Kecamatan Adipala,  Poktan Mugi Mulyo Desa Mernek Kecamatan Maos dan Poktan Mekar Rasa Desa Cijati Kecamatan Cimanggu. Untuk komoditas jagung, pengharaan diberikan kepada Poktan Kedawung Jaya Desa Karangreja Kecamatan Cimanggu, Poktan Tani Makmur Desa Brebeg Kecamatan Jeruklegi dan poktan Ngudi Rejeki Desa Mentasan Kecamatan Kawunganten. Untuk komoditas kedelai, penghargaan diberikan kepada poktan Sukatani Desa Rungkang Kecamatan Gandrungmangu, poktan Mekarsari Desa Panikel Kecamatan Kampunglaut dan poktan Sidadadi 2  Desa Kalisabuk Kecamatan Kesugihan.

Penghargaan juga diberikan kepada petugas pendamping berprestasi dalam peningkatan produksi pajale.  Mereka yaitu, Kiswoyo – PPL Kecamatan Gandrungmangu, Arina Nofriasih – PPL Kecamatan Maos dan Nurohim – PPL Kecamatann Kesugihan.

Selain itu, diserahkan juga penghargaan kepada 6 orang PPL berprestasi terbaik. Keenam orang tersebut yaitu Triyuni Artanti – PPL Kecamatan Kedungreja, Eti Solikhatun – PPL Kecamatan Sidareja, Rina Tri Astuti – PPL Kecamatan Adipala, Lusiana Diah Astuti – PPL Kecamatan Kroya, Dewi Candra Kamala-PPL Kecamatan Kesugihan dan Hastomo Tri Hari Mahardika – PPL Kecamatan Karangpucung.

Supriyanto menambahkan, keberhasilan sektor pertanian tidak terlepas dari peran dan dukungan penyuluhan pertanian. “Penyuluh pertanian merupakan ujung tombak dalam kemajuan sektor pertanian, termasuk di Cilacap, “ terang Supri.

Menurutnya, penyuluh pertanian memberikan pembinaan kepada petani dan kelompok tani, sehingga dapat semakin maju dan berkembang yang muaranya terjadi peningkatan kesehjateraan petani serta peningkatan produksi pertanian.

“Semoga penghargaan tersebut akan semakin memotivasi petani dan PPL untuk terus mensukseskan kegiatan pembangunan bidang pertanian di Kabupaten Cilacap,” harap Supri.

(Boesyet/Ben)