Jelang Musim Tanam Petani Cilacap Lakukan Gerakan Pengendalian OPT

Tanaman pangan terutama padi sangat rentan terhadap seranggan OPT. Tingkat seranggan OPT yang relatif tinggi menyebabkan kerusakan tanaman dan kerugian yang cukup besar hingga gagal panen (puso). Beberapa jenis OPT yang menyebabkan kerusakan pada tanaman

Tanaman pangan terutama padi sangat rentan terhadap seranggan OPT. Tingkat seranggan OPT yang relatif tinggi menyebabkan kerusakan tanaman dan kerugian yang cukup besar hingga gagal panen (puso). Beberapa jenis OPT yang menyebabkan kerusakan pada tanaman padi antara lain; penggerek batang, tikus, wereng batang coklat, blas, kresek, kerdil hampa/kerdil rumput dan tungro.

Menjelang musim tanam pertama yang beriiringan dengan masuknya Musim Penghujan, Penyuluh pertanian bersama petani di Kabupaten Cilacap melaksanakan gerakan pengendalian (gerdal) sebagai antisipasi serangan Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT) agar dapat meminimalisir luas kerusakan tanaman padi akibat serangan OPT. Seperti yang dilakukan oleh PPL wilayah Kecamatan Kesugihan dan Kecamatan Kroya yang melaksanakan gerakan pengendalian OPT bersama-sama dengan Kelompok Tani.

Gerakan pengendalian OPT merupakan upaya pengamanan produksi tanaman pangan dari serangan OPT. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan produktivitas padi di Kabupaten Cilacap guna menjaga Kabupaten Cilacap sebagai daerah lumbung padi nasional. (ben)