Monitoring Kawasan Cabai Merah Tahun 2021.

Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap dalam hal ini Kepala Bidang Hortikultura, petugas lapangan dan perwakilan Kementrian Pertanian Ditjen Hortikultura melakukan monitoring dan evaluasi pada Kegiatan Kawasan Cabai Tahun 2021. Kegiatan dilaksanakan di 3 Kelompok Tani (2)

Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap dalam hal ini Kepala Bidang Hortikultura, petugas lapangan dan perwakilan Kementrian Pertanian Ditjen Hortikultura melakukan monitoring dan evaluasi pada Kegiatan Kawasan Cabai Tahun 2021. Kegiatan dilaksanakan di 3 Kelompok Tani (2) kecamatan yaitu Kecamatan Wanareja dan (1) Kelompok Tani Di kecamatan Dayeuhluhur.

Kegiatan monitoring, evaluasi dan pelaporan ini dimaksudkan untuk mengetahui perkembangan pelaksanaan kegiatan di lapangan baik secara langsung maupun tidak langsung, sehingga bisa mempertanggungjawabkan kegiatan yang dilaksanakan, membandingkan antara kegiatan yang dicapai dengan tujuan yang telah ditetapkan. Monitoring dan evaluasi seharusnya dilakukan secara kontinyu sehingga hasil monitoring dapat digunakan sebagai alat pemantau jalannya kegiatan, mengetahui kendala dan keberhasilannya, serta dapat digunakan untuk menentukan langkah lebih lanjut.

Evaluasi merupakan suatu kegiatan yang penting, namun sering dikesampingkan dan konotasinya negatif, karena dianggap mencari kesalahan, kegagalan dan kelemahan dari suatu kegiatan. Evaluasi harus dilihat dari segi manfaatnya sebagai upaya memperbaiki dan penyempurnaan program/kegiatan sehingga lebih efektif, efisien dan dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan.