Dispertan Berikan Apresiasi Kepada Petani dan Penyuluh Pendamping IPDMIP

Integrated Participatory Development and Management of Irrigation Program (IPDMIP) merupakan program pemerintah di bidang irigasi yang bertujuan untuk mencapai keberlanjutan sistem irigasi, baik sistem irigasi kewenangan pusat, kewenangan provinsi maupun kewenangan kabupaten. Upaya ini diharapkan

Integrated Participatory Development and Management of Irrigation Program (IPDMIP) merupakan program pemerintah di bidang irigasi yang bertujuan untuk mencapai keberlanjutan sistem irigasi, baik sistem irigasi kewenangan pusat, kewenangan provinsi maupun kewenangan kabupaten. Upaya ini diharapkan dapat mendukung tercapainya swasembada beras sesuai program Nawacita Pemerintah Indonesia.

IPDMIP bertujuan untuk meningkatkan produksi dan juga kesejahteraan petani. Salah satu dukungan penyuluhan yang disediakan oleh IPDMIP adalah memberikan pelayanan penyuluhan secara intensif kepada petani penerima manfaat dengan menugaskan penyuluh pertanian selaku pendamping. Fokus penyuluhan yang intensif ini bukan hanya terbatas pada proses alih teknologi tetapi juga fokus pada upaya-upaya untuk memastikan bahwa teknologi baru diadopsi  diterapkan oleh para petani. 

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap, Supriyanto, menegaskan bahwa yang menjadi  kata kunci meningkatnya pertumbuhan sektor pertanian adalah tetap semangatnya petani dan penyuluh. “Untuk itu, penyuluh dan petani terus semangat untuk terus menggenjot produksi dan produktivitas” ungkapnya.

Untuk mengapresiasi dan menumbuhkan semangat petani dan penyuluh pendamping IPDMIP, maka  Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap memberikan penghargaan kepada petani dan tenaga penyuluh pertanian yang berprestasi pada Jumatl 17 Desember 2021.

Sebagai pemenang untuk kategori Petani Teladan yaitu, Juara I : Oding dari Desa Datar, Kec. Dayeuhluhur, Juara II  : Sugeng Pramono dari Desa Boja Kec. Majenang, Juara III : Aris Maryono dari Desa Bangunreja, Kec.Kedungreja. dan untuk kategori penyuluh pendamping IPDMIP teladan yaitu Juara I : Udy Wijayanti, STP. PPL Kec. Kedungreja, Juara II : Nugraheni Dwi L., STP, PPL Kec. Patimuan, Juara III : Erik Pratikno PPL Kec. Dayeuhluhur. (ben)