TANAM PERDANA PADI PATB Dsa. Panulisan Timur Kec. Dayeuhluhur

CILACAP-Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap bekerjasama dengan PTPN IX melaksanakan kegiatan penanaman padi PATB. Kegiatan dilaksanakan di lahan kering milik PTPN IX Kebun Warnasari di Desa Panulisan Timur Kecamatan Dayeuhluhur. Selasa (02/11) Penanaman padi melibatkan kelompok

CILACAP-Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap bekerjasama dengan PTPN IX melaksanakan kegiatan penanaman padi PATB. Kegiatan dilaksanakan di lahan kering milik PTPN IX Kebun Warnasari di Desa Panulisan Timur Kecamatan Dayeuhluhur. Selasa (02/11)

Penanaman padi melibatkan kelompok tani Panca Karya dan Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Dayeuhluhur. Kegiatan ditandai dengan penanaman bersama secara simbolis oleh Sub.Koordinator Padi Lahan Kering Direktorat Serealia Kementan RI, Kepala Dimas Pertanian,Kabupaten Cilacap,Asisten Afdeling Moncolimo Kebun Warnasari,Forkompimca dan Kepala Desa Panulisan Timur.

Sub Koordinator Padi Lahan Kering Direktorat Serealia Kementan RI, Hasnul Fajri mengatakan, Perluasan Areal Tanam Baru (PATB) adalah program peningkatan produksi padi. Yaitu dengan memanfaatkan lahan baru yang belum pernah ditanami seperti tumpangsari dengan areal perkebunan,kehutanan,lahan rawa,lahan galian eks tambang dan sebagainya. Kegiatan tersebut bertujuan menguatkan ketahanan pangan di pedesaan melalui penanaman padi dan palawija bekerjasama dengan pihak kedua yaitu pemilik lahan PTPN IX.

“PATB juga sebagai langkah dari pemerintah untuk meningkatkan penghasilan para petani termasuk penguatan dalam stok beras bagi masyarakat setempat sebagai penanam,” katanya

Ditambahkan Kementrian Pertanian siap mengucurkan bantuan kepada kelompok tani berdasarkan pengajuan kelompok tani melalui Dinas Pertanian, adapun bantuan berupa bibit, pupuk dan kebutuhan para petani.

Adapun lahan milik PTPN yang digunakan oleh masyarakat melalui kelompok tani setempat seluas 100 hektare ditanami padi, jagung, kedelai dan palawija lainnya.

Kepala Desa Panulisan Timur Hariyanto,pada kesemapatan itu berharap dengan adanya kegiatan PATB petani ataupun kelompok tani bisa maksimal dan sungguh-sungguh dalam mengolah dan melaksanakan penanaman padi dilahan kering tersebut apalagi didukung oleh kementrian maupun dinas terkait.