Pantau Pemotongan Hewan Qurban, Dispertan Kerahkan Ratusan Petugas

Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap mengerahkan ratusan petugas untuk mengawasi dan memeriksa hewan kurban di seluruh wilayah di Kabupaten Cilacap pada Hari Raya Idul Adha 1442 H kali ini. Petugas terdiri dari medik dan paramedik veteriner,

Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap mengerahkan ratusan petugas untuk mengawasi dan memeriksa hewan kurban di seluruh wilayah di Kabupaten Cilacap pada Hari Raya Idul Adha 1442 H kali ini. Petugas terdiri dari medik dan paramedik veteriner, penyuluh, karyawan dan petugas dari kelurahan.

“Para petugas telah mendapat pembekalan tentang tata cara pemeriksaan antem mortem dan post mortem pada hewan kurban, sehingga nantinya dagingnya bisa layak konsumsi,” kata Kepala Dispertan Kabupaten Cilacap, Supriyanto di Cilacap, Kamis (15/07/2021).

Petugas tersebut akan melakukan pemantauan mulai H-1 hingga selama hari tasyriq pelaksanaan pemotongan hewan kurban. Karena Kabupaten Cilacap masih dalam pelaksanaan PPKM Darurat, maka pelaksanaan pemotongan hewan kurban harus tetap memperhatikan protokol kesehatan untuk pencegahan penularan atau penyebaran COVID-19 sesuai Surat Edaran khusus tentang pelaksanaan kegiatan kurban pada masa pandemi Covid-19 Nomor: 800/04261/33/Tahun 2021.

Tujuan pemeriksaan antemortem agar daging dan jeroan yang akan dikonsumsi masyarakat adalah daging yang benar-benar sehat dan berkualitas sedangkan tujuan pemeriksaan post-mortem memberikan jaminan bahwa karkas, daging, dan jeroan yang dihasilkan aman dan layak dikonsumsi, Mencegah beredarnya bagian/jaringan abnormal yang berasal dari pemotongan hewan sakit. (ben)