Pacu Produktivitas, Dispertan Latih Petani Budidaya Padi Hibrida

RUMPUN ONLINE – Untuk meningkatkan produksi, disamping teknis budidaya, benih merupakan faktor yang sangat penting.  Namun selama ini masih banyak petani yang kurang memperhatikan hal tersebut. Pemilihan benih hibrida terbukti mampu menghasilkan produksi yang lebih

RUMPUN ONLINE – Untuk meningkatkan produksi, disamping teknis budidaya, benih merupakan faktor yang sangat penting.  Namun selama ini masih banyak petani yang kurang memperhatikan hal tersebut. Pemilihan benih hibrida terbukti mampu menghasilkan produksi yang lebih banyak dibanding benih inhibrida. Untuk mendorong dan membiasakan petani menggunakan benih hibrida, Dinas Pertanian Cilacap gencar melakukan sosialisasi dan pelatihan padi hibrida.

Salah satunya dengan melatih anggota kelompok tani Sri Rahayu I Desa Slarang Kecamatan Kesugihan. Pelatihan yang dilaksanakan Selasa (3/11) dihadiri oleh Kepala Bidang  Tanaman Pangan Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap, Ermawatie Syahyuni.

Menurut Erma, padi hibrida dihasilkan dari dua tanaman induk yang berbeda dengan karakteristik yang berbeda. Upaya penyilangan ini dilakukan dengan harapan bahwa keturunan yang dihasilkan akan mewarisi sifat-sifat baik dari kedua orang tua, yaitu bahwa keturunan dari persilangan ini akan menghasilkan hasil panen yang lebih banyak. Padi hibrida telah terbukti memberikan hasil panen yang lebih tinggi dibandingkan dengan padi inbrida yang biasa ditanam oleh petani.

“Padi Hibrida memiliki potensi hasil yang lebih tinggi dari padi konvensional karena potensi genetiknya”, jelas Erma.

Lebih lanjut disampaikan Erma, bahwa dalam budidaya padi hibrida, ada 13 komponen teknologi yang harus dikelola dan diterapkan oleh petani. Meliputi waktu tanam; pilihan varietas dan benih; persemaian; penyiapan lahan; pemeriksaan kandungan hara dalam tanah; tanam dan populasi tanaman; pemupukan; pengelolaan air; pengendalian gulma; pengendalian OPT; pemeriksaan status hara N dalam daun; drainasi tanah; danpanen serta penanganan pasca panen

Erma menyarankan padi Hibrida bisa dibudidayakan dengan skala lebih luas sebagai salah satu upaya untuk peningkatan produksi padi melalui peningkatan produktivitasnya.

(boesyet/ben)