Kelahiran Sapi Kembar Melalui Inseminasi Buatan.

RUMPUN ONLINE-kamis (28/05/2020) sapi milik Pak Ali Winoto warga Jl. Masjid Semampir Desa Slarang melahirkan pedet kembar jantan dan betina. Induk sapi berjenis Simental tersebut dilakukan Inseminasi Buatan (IB) dengan semen Angus. Kelahiran kembar ini

RUMPUN ONLINE-kamis (28/05/2020) sapi milik Pak Ali Winoto warga Jl. Masjid Semampir Desa Slarang melahirkan pedet kembar jantan dan betina. Induk sapi berjenis Simental tersebut dilakukan Inseminasi Buatan (IB) dengan semen Angus. Kelahiran kembar ini sangat jarang terjadi dan dari sudut pandang ekonomi memberikan keuntungan bagi usaha ternak sapi potong.

Penerapan Inseminasi Buatan (IB) atau proses kawin suntik pada sapi Simenthal dalam program Upaya Khusus Percepatan Populasi Sapi Wajib Bunting (Upsus Siwab) di Kabupaten Cilacap berjalan dengan baik dan membuahkan hasil. Hal ini terbukti dengan bertambahnya populasi hewan ternak sapi.

Inseminasi Buatan (IB) atau kawin suntik adalah suatu cara atau teknik untuk memasukkan mani (spermatozoa atau semen) yang telah dicairkan dan telah diproses terlebih dahulu yang berasal dari ternak jantan ke dalam saluran alat kelamin betina dengan menggunakan metode dan alat khusus yang disebut ‘insemination gun‘. Optimalisasi kawin IB merupakan salah satu cara dalam peningkatan populasi ternak, sekaligus sebagai upaya dalam pemenuhan kebutuhan daging di Kabupaten Cilacap. Semoga metoda IB/kawin suntik ini dapat meningkatkan populasi dan kualitas ternak di Kab. Cilacap.
(Bay)