Panen Raya Poktan Hidup Baru 2 Desa Babakan Karangpucung

Petani Desa Babakan Kecamatan Karangpucung yang tergabung dalam Kelompok Tani (poktan) Hidup Baru 2 melakukan panen raya padi. Lahan poktan Hidup Baru 2 yang dipanen kali ini mencapai seluas 25 hektar. Panen yang dilakukan Jumat

Petani Desa Babakan Kecamatan Karangpucung yang tergabung dalam Kelompok Tani (poktan) Hidup Baru 2 melakukan panen raya padi. Lahan poktan Hidup Baru 2 yang dipanen kali ini mencapai seluas 25 hektar. Panen yang dilakukan Jumat (3/4) dihadiri Kepala Bidang Penyuluhan, Budy Setyawan, koordinator Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Karangpucung, Wasiran dan penyuluh pertanian desa setempat.  

Budy pada kesempatan tersebut menyampaikan, meskipun masih dalam situasi pandemi covid-19, petani diminta tetap berusaha untuk melakukan aktivitas pertanian guna mencukupi kebutuhan pangan bagi masyarakat. Hal ini sejalan dengan arahan Menteri Pertanian RI dalam banyak kesempatan bahwa seluruh insan pertanian harus turun ke lapangan, tetap bekerja untuk memenuhi kebutuhan pangan rakyat Indonesia.

Lebih lanjut Budy berharap kepada para penyuluh pertanian untuk mengawalan kegiatan pertanian dilapangan. Terlebih dengan adanya program unggulan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo yaitu Komando Strategis Pertanian (Kostratani). Kostratani merupakan program yang bertujuan menjadikan BPP sebagai pusat pembangunan pertanian. Melalui semangat Kostratani, Budy berharap dapat memberikan motivasi kepada petani pelaksana untuk menerapkan teknologi usaha tani, sehingga produktivitas semakin meningkat. “Kami harapkan dengan semangat Kostratani ada peningkatan produksi pada akhirnya turut meningkatkan pendapatan petani”, harap Budy. Sementara itu, Ketua poktan Hidup Baru 2, Sukamto mengatakan varietas yang dipanen kali ini adalah Inpari 42. Sedangkan produktivitas yang dihasilkan mencapai 7,2 ton per hektar. Sukamto berharap pendampingan penyuluh pertanian terus ditingkatkan, sehingga berbagai kendala dalam usaha tani dapat diatasi dengan baik.

(boesyet/ben)