Musim Tanam 3, Petani Cilacap Menanam Produk Hortikultura

Kepala Dinas Pertanian Kab. Cilacap Supriyanto, SP., MP., mengunjungi Petani Hortikultura Cilacap (PHC) Distrik Kroya di Gapoktan Karangrena Kec. Maos, Gapoktan Karanganyar dan Bunton Kec. Adipala dalam rangka monitoring kegiatan di Musim Tanam 3, Rabu

Kepala Dinas Pertanian Kab. Cilacap Supriyanto, SP., MP., mengunjungi Petani Hortikultura Cilacap (PHC) Distrik Kroya di Gapoktan Karangrena Kec. Maos, Gapoktan Karanganyar dan Bunton Kec. Adipala dalam rangka monitoring kegiatan di Musim Tanam 3, Rabu (25/08/2021).

Ketiga Gapoktan tersebut pada MT 3 ini mengembangkan budidaya komoditas hortikultura. Gapoktan Karangrena produk hortikultura yang dikembangkan utamanya adalah cabai merah besar dengan luasan sekitar 4 Ha. Sedangkan untuk Gapoktan Karanganyar dan Bunton produk utamanya adalah bawang merah dengan luas kurang lebih 15 Ha. Produk hortikultura lainnya yang dikembangkan adalah aneka sayuran seperti pare, cabai rawit, kacang panjang, terong, ceisin, pakcoy, timun dan kangkung.

Dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas Pertanian menekankan pentingnya pemasaran produk hasil pertanian. “Dalam budidaya yang utama adalah pasarnya harus jelas, sehingga petani tidak kebingungan menjual produknya,” ujarnya.

Beliau menambahkan untuk menekan kehilangan harga dirantai pemasaran, petani harus mulai menjual hasil produknya langsung ke konsumen yang salah satunya melalui Lapak Petani. Sehingga nantinya petani memperoleh peningkatan nilai jual produk hasil budidaya pertaniannya. (ben)