Dinas Pertanian Lakukan Pengawasan dan Pemeriksaan Kesehatan Hewan Kurban

Untuk menjamin kesehatan hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha yang jatuh pada 20 Juli 2021, Dinas Pertanian melakukan pengawasan dan pemeriksaan kesehatan calon hewan kurban yang dijual di Kabupaten Cilacap. Kegiatan ini berlangsung sejak

Untuk menjamin kesehatan hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha yang jatuh pada 20 Juli 2021, Dinas Pertanian melakukan pengawasan dan pemeriksaan kesehatan calon hewan kurban yang dijual di Kabupaten Cilacap. Kegiatan ini berlangsung sejak 12 Juli 2021 hingga sebelum hari raya.

Sasaran pemeriksaan ini pada ternak kurban yang berada di lapak – lapak di kandang penampungan maupun di peternak yang menjual hewan kurban. Pengamatan dan pemeriksaan yang dilakukan seperti identitas kepemilikan, asal ternak, jumlah ternak (sapi, kerbau, kambing, dan domba) dan pemeriksaan fisik (kandang, pakan, umur, penyakit yang dijumpai).

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap, Supriyanto, SP., MP. mengatakan bahwa kegiatan ini  dilakukan untuk memastikan sapi atau kambing yang dikurbankan nanti sehat, normal dan memenuhi persyaratan sebagai hewan qurban serta dagingnya aman dikonsumsi masyarakat.

“Pemeriksaan ini sebagai bentuk pelayanan kami kepada masyarakat agar nantinya mendapatkan hewan qurban yang sehat serta dagingnya aman untuk dikonsumsi,” ujarnya.

Supriyanto menambahkan, cara memilih hewan kurban yang baik diantaranya adalah sehat yang meliputi bulu bersih dan mengkilap, gemuk dan lincah, muka cerah, nafsu makan baik, lubang mulut, mata, hidung, telinga dan anus bersih dan normal serta tidak cacat dan cukup umur.

Dimasa pandemi ini Dinas Pertanian mengerahkan beberapa tim kecil yang terdiri dari petugas teknis, medik veteriner dan paramedik veteriner di seluruh wilayah Kab. Cilacap untuk melakukan pengawasan dan pemeriksaan hewan kesehatan kurban tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. (ben)