Peternak Ayam KUB Cilacap Buat Wadah Untuk lebih Berdaya

Perkumpulan Peternak Ayam-KUB (PPA-KUB) Kabupaten Cilacap menyelenggarakan kegiatan Ngobrol bareng tentang Koperasi Peternak Ayam Kampung Unggul Balitbangtan (KOPAKUB), Kamis (24/06) bertempat di Desa Tritih Lor Kecamatan Jeruklegi. Dalam kesempatan tersebut hadir sebagai nara sumber Wakil

Perkumpulan Peternak Ayam-KUB (PPA-KUB) Kabupaten Cilacap menyelenggarakan kegiatan Ngobrol bareng tentang Koperasi Peternak Ayam Kampung Unggul Balitbangtan (KOPAKUB), Kamis (24/06) bertempat di Desa Tritih Lor Kecamatan Jeruklegi.

Dalam kesempatan tersebut hadir sebagai nara sumber Wakil Bupati Cilacap Bapak Syamsul Aulia Rahman, Kepala Dinas Pertanian Kab. Cilacap Supriyanto,SP., MP., Asdep Pengembangan SDM Kemenkop UKM Nasrun, S.Sos, M.AB, serta Ketua KOPAKUB Yadiman, SH, MH.

Ayam Kampung Unggul Balibangtan (Ayam KUB) merupakan ras ayam kampung hasil inovasi dari Badan Litbang Pertanian Kementerian Pertanian. Ayam KUB sangat potensial untuk dikembangkan di Kabupaten Cilacap, saat ini sudah ada 45 orang peternak yang tersebar di 24 Kecamatan dan tergabung dalam PPA-KUB dengan populasi lebih dari 20.000 ribu ekor. Setiap minggu produksi DOC ayam KUB di Kabupaten Cilacap mencapai 4.000 – 5.000 ekor.

Potensi yang ada ini bukan tanpa ada hambatan. Permasalahan dalam usaha peternakan ayam banyak dan klasik. Peternakan dari hulu ke hilir sudah dikuasai oleh pemain besar. Sementara peternak mikro kecil menengah tidak memiliki kekuatanketika memelihara ayam. Permasalahan itu semua bersumber dari rendahnya mentalitas peternak dan ketrampilan teknis cara beternak yang efektif dan efisien serta selama ini kurang adanya perlindungan yang saling bersinergi antar peternak maupun dengan stake holder terkait.

Untuk itulah, Koperasi Peternak Ayam Kampung Unggul Balitbangtan (KOPAKUB) hadir sebagai lembaga pemberdaya bagi peternak ayam kampung KUB. Para peternak didorong untuk bergabung dalam koperasi. Dengan membentuk koperasi diharapkan peternak dapat meningkat ketrampilan teknis, membangun jiwa wirausaha. Selain itu koperasi ini dapat memudahkan pinjaman modal bagi peternak dan meningkatkan jejaring usaha dengan skala yang lebih besar. (ben)