UPT Puskeswan Cilacap Lakukan Pelayanan Kesehatan Hewan Aktif

RUMPUN ONLINE – UPT Puskeswan Cilacap juga melaksanakan pelayanan kesehatan hewan aktif di beberapa kecamatan di Kabupaten Cilacap, seperti yang telah dilaksanakan pada bulan November-Desember 2020 dimana petugas mendatangi kelompok ternak / pemilik ternak/hewan di

RUMPUN ONLINE – UPT Puskeswan Cilacap juga melaksanakan pelayanan kesehatan hewan aktif di beberapa kecamatan di Kabupaten Cilacap, seperti yang telah dilaksanakan pada bulan November-Desember 2020 dimana petugas mendatangi kelompok ternak / pemilik ternak/hewan di Desa Madusari Kecamatan Wanareja, Desa Padangsari Kecamatan Majenang dan Desa Ciwalen Kecamatan Dayeuhluhur.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka penyidikan, pencegahan dan pemberantasan penyakit hewan/ternak yang ada di masyarakat. Jenis pelayanan kesehatan hewan yang diberikan diantaranya adalah pemeriksaan hewan secara umum, pemeriksaan kebuntingan, pengendalian penyakit parasit, pengobatan hewan yang sakit dan penyuluhan langsung ke peternak tentang mangemen kesehatan hewan.

Kepala UPT Puskeswan Cilacap, Ir. Mlati Asih B menjelaskan, “Kesehatan hewan juga harus mendapatkan perhatian dalam budidaya ternak, karena hewan yang sakit akan mempengaruhi pertumbuhan, produksi dan reproduksinya. Oleh karena itu, hewan sebaiknya mendapatkan pelayanan kesehatan hewan secara berkala agar tetap sehat.”

Kegiatan pelayanan aktif dari Puskeswan ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi ternaknya maupun bagi  para peternak sehingga dapat berproduksi dengan maksimal.

(ben)