15 Poktan Di Sampang Terima Bantuan 7 Ton Benih Padi

RUMPUN ONLINE – Sebanyak 15 Kelompok Tani (Poktan) di di wilayah Kecamatan Sampang, Rabu (25/11) menerima bantuan benih padi. Poktan tersebut tersebar di 6 desa yaitu Karangtengah, Brani, Paberasan, Sidasari, Karangasem dan Karangjati. Bantuan benih

RUMPUN ONLINE – Sebanyak 15 Kelompok Tani (Poktan) di di wilayah Kecamatan Sampang, Rabu (25/11) menerima bantuan benih padi. Poktan tersebut tersebar di 6 desa yaitu Karangtengah, Brani, Paberasan, Sidasari, Karangasem dan Karangjati. Bantuan benih yang disalurkan tersebut berjumlah 7.375 kg. Untuk desa Karangtengah menerima bantuan 1.250 kg benih untuk 3 poktan, desa Brani menerima 500 kg benih untuk 2 poktan, desa Sidasari sebanyak 500 kg untuk poktan Sido Makmur, desa Karangasem sebanyak 250 kg untuk poktan Sumber Makmur II, desa Paberasan sebanyak 500 kg untuk poktan Dewi Shinta dan desa Karangjati sebanyak 4.375kg untuk 7 poktan.

Menurut Kepala Bidang Tanaman Pangan Dinas Pertanain Cilacap, Ermawatie Syahyuni, bantuan benih  dengan varietas Inpari 33 berasal dari APBN Tahun 2020.

Lebih lanjut disampaikan Ermawatie, bantuan benih dilaksanakan untuk mendukung peningkatan produksi padi dalam rangka menjamin kebutuhan pangan dan mewujudkan swasembada pangan. “Sebagai bentuk dukungan dalam pencapaian target produksi, Kementerian Pertanian tahun ini mengalokasikan bantuan benih padi di Kabupaten Cilacap, termasuk untuk wilayah Kecamatan Sampang yang di salurkan hari ini.” ujar Erma.

Kabupaten Cilacap merupakan salah satu lumbung pangan di Indonesia. Surplus di Kabupaten Cilacap setiap tahunnya mencapai 350 ribu sampai 370 ribu ton. Bahkan produksi beras Kabupaten Cilacap pada tahun 2019 yang mencapai 699.965 GKG menempati peringkat 10 di tingkat nasional dan peringkat 3 di tingkat Provinsi.

“Kita berharap dengan bantuan benih padi, maka produksi meningkat. Paling tidak, walaupun dalam masa pandemi Covid-19, target produksi tahun ini harus dapat tercapai.”  ujarnya.

(boesyet/ben)