Launching dan Pelatihan Aplikasi SISTEM INFORMASI PERTANIAN TANAMAN PANGAN TERKINI (SIPETANI)

Teknologi informasi merupakan sarana informasi yang sangat penting bagi suatu instansi dalam skala kecil, sedang ataupun besar, sehingga informasi yang diharapkan dapat mempermudah dan memperlancar pekerjaan/kegiatan serta tujuannya dapat tercapai secara optimal dan maksimal. Hal

Teknologi informasi merupakan sarana informasi yang sangat penting bagi suatu instansi dalam skala kecil, sedang ataupun besar, sehingga informasi yang diharapkan dapat mempermudah dan memperlancar pekerjaan/kegiatan serta tujuannya dapat tercapai secara optimal dan maksimal. Hal ini perlu dilakukan sistem komputerisasi demi mencapai dan mempermudah dalam pengumpulan, pengolahan dan penyimpanan data-data instansi tersebut. Sehingga dalam penyajian informasi data dapat dilakukan secara lengkap, cepat, efisien dan akurat. Informasi yang akurat, tepat waktu, relevan, dan lengkap dapat memberikan dukungan dalam pengambilan keputusan yang pada akhirnya dapat meningkatkan pertumbuhan kemajuan dibidang Manajemen Pelaporan Data Pertanian.

Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap mempunyai tugas melaporkan data pertanian. Pengelola data pertanian Kabupaten Cilacap dengan mengumpulkan dan mengkoordinir laporan perkembangan data pertanian dari Petugas Kecamatan. Permintaan data pertanian dari pusat maupun provinsi diminta laporannya tiap hari. Laporan Statistik Pertanian bulanan yang tiap awal bulan juga diminta oleh banyak stakeholder. Pelaporan data tanaman pangan yang ditugaskan ke petugas data kecamatan banyak dari petugas yang tidak melaporkan data harian secara rutin. Data pelaporan yang banyak dan terkait dengan data luas baku sawah dan data laporan sebelumnya kadang salah dan perlu koreksi. Maka dari itu diperlukan adanya data yang valid dan cepat tersaji untuk memenuhi kebutuhan dari pemerintah pusat, provinsi dan stakeholder lainnya untuk penentuan kebijakan.

Permintaan laporan data tanaman pangan dari provinsi, pusat maupun stakeholeder lainya minta agar disediakan secara cepat dan akura, sementara laporan dari kecamatan belum selurunya masuk secara cepat. Setelah laporan dari kecamatan masuk harus diverifkasi sebelum data dipublikasikan. Data data dari wilayah ini menjadi acuan dalam penentuan kebijakan dan sebagai dasar dalam menjalankan kegiatan-kegiatan lain. Data yang valid dan cepat akan menentukan keberhasilan kegiatan terutama dalam upaya peningkatan produksi tanaman pangan mendukung swasemabda pangan nasional.

Atas dasar kondisi tersebut diatas,Arif Fatoni,S.Pt,MP selaku Kasi Perbenihan dan Produksi Tanaman Pangan dalam aksi perubahan kinerja pelayanan publik menggagas sebuah aplikasi Sistem Informasi Pertanian Tanaman Pangan Terkini (SIPETANI) Menjaga Swasembada Pangan di Kabupaten CIlacap.
Diharapkan dengan adanya aplikasi ini untuk petugas data diwilayah dapat bekerja secara efisien dan memperoleh data yang cepat,dan akurat.

(BAY)