Tanggulangi Kemiskinan di Cilacap, Dinas Pertanian Perdayakan RTM untuk Beternak

Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap memberikan bantuan ternak ayam dan itik kepada para petani melalui kegiatan Pengembangan Ternak untuk Rumah Tangga Miskin. Kegiatan ini diberikan kepada 65 RTM di Kabupaten Cilacap. Pemberian bantuan tersebut disampaikan oleh

Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap memberikan bantuan ternak ayam dan itik kepada para petani melalui kegiatan Pengembangan Ternak untuk Rumah Tangga Miskin. Kegiatan ini diberikan kepada 65 RTM di Kabupaten Cilacap. Pemberian bantuan tersebut disampaikan oleh Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Suharyono, Jumat (9/10).

“Ada kegiatan di Dinas Pertanian, berkaitan dengan pengembangan ternak untuk RTM, tahun ini kita fokuskan di Kecamatan Nusawungu, Wanareja dan Majenang. Masing-masing RTMk nanti akan dapat 11 ekor ayam buras atau itik,” ujar Suharyono.

Iya menjelaskan, kegiatan tersebut merupakan salah satu stimulus yang diberikan kepada masyarakat sebagai salah satu bentuk dukungan dalam penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Cilacap. Sasaran penerima bantuan ini adalah Rumah Tangga Miskin yang bermata pencaharian sebagai peternak yang telah diseleksi dari basis data terpadu penanggulangan kemiskinan Kabupaten Cilacap.

Adapun bantuan yang diberikan yaitu bibit ayam dan itik beserta pakannya. “Bantuan ayam dan itik ini berupa bibit untuk dikembangkan, termasuk pemberian pakan,” jelasnya. Dengan begitu, ia berharap agar ternak yang diberikan tersebut, bisa menambah penghasilan para petani setelah diternak selama beberapa bulan ke depan.

(ben)