Solar Dryer Dome, Inovasi Pengeringan Hasil Pertanian.

RUMPUN ONLINE-Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Jawa Tengah Menyerahkan sekaligus Monev bantuan pembangunan prasarana Dom Pengering Solar Dryer Melalu DInas Pertaniain Kab.Cilacap kepada Kolmpok Tani di Desa Tambaksari Kec.Wanareja. Pengeringan merupakan salah satu bentuk pengolahan


RUMPUN ONLINE-Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Jawa Tengah Menyerahkan sekaligus Monev bantuan pembangunan prasarana Dom Pengering Solar Dryer Melalu DInas Pertaniain Kab.Cilacap kepada Kolmpok Tani di Desa Tambaksari Kec.Wanareja. Pengeringan merupakan salah satu bentuk pengolahan pascapanen produk pertanian. Tujuan pengeringan untuk mengurangi kandungan air antara lain untuk meningkatkan kualitas komoditas hasil pertanian, dan membuat durasi ketahanan produk menjadi lebih lama. Biasanya yang dilakukan adalah metode pengeringan matahari alami. Biasanya digunakan untuk pemrosesan seperti itu di negara berkembang. Meskipun metode ini murah, produk yang dikeringkan biasanya mengalami kerusakan besar yang disebabkan oleh hujan, serangga, burung dan jamur. Karena sebagian besar negara berkembang terletak di zona sabuk matahari dengan radiasi matahari yang berlimpah sepanjang tahun, penggunaan teknologi pengeringan matahari dianggap sebagai solusi yang menjanjikan untuk masalah pengeringan.

Sebagai alternatif pengeringan komoditas pertanian digunakan mesin pemanas. Metode pengeringan antara lain oven pengering, box dryer, vertical dryer, dan rotary dryer. Semuanya mempunyai kesamaan, yaitu kebutuhan bahan bakar yang cukup tinggi dan tersedia listrik dari perusahaan listrik negara. Biaya bahan bakar dan listrik akan mengurangi margin. Selain itu ketersediaan bahan bakar dan listrik di daerah tidak merata. Untuk itu saat ini tersedia alternatif yang lebih baik, memanfaatkan sumber energi matahari yang tidak terbatas dan efektif, yaitu solar dryer dome.
Solar dryer dome ini merupakan kubah dengan inkubator ruangan tertutup seperti green house, dan sekilas mirip dengan solar tunnel. Bedanya adalah, greenhouse dan solar tunnel biasanya masih menggunakan bahan PET untuk cover bangunan. Sementara solar dryer dome menggunakan bahan polycarbonate. Ketahanan polycarbonate yang mampu bertahan hingga 10 tahun menjadi pilihan yang menarik ketimbang bahan PET yang mudah sekali rusak.
Dengan metode pengeringan tradisional, seperti pengeringan di pinggir jalan, petani kecil sering kali harus menghadapi tantangan kontaminasi pada hasil panen mereka, dari debu, air hujan dan cahaya ultraviolet. Akibat dari berbagai faktor, 30 – 50% hasil panen mereka tidak dapat mencapai pasar dan tidak memiliki nilai ekonomis.hasil panen para petani dapat meningkat sampai dengan 45%, dan akan meningkatkan taraf hidup petani secara signifikan.
(bay)