CACINGAN (Helminthiasis) PADA HEWAN KESAYANGAN

Cacingan adalah jenis penyakit yang disebabkan oleh parasit cacing. Tak hanya manusia saja, ternyata cacingan juga dapat menyerang hewan peliharaan seperti anjing dan kucing. Anjing dan kucing dapat terinfeksi cacing melalui telur cacing yang tidak

Cacingan pada Anjing dan Kucing

Cacingan adalah jenis penyakit yang disebabkan oleh parasit cacing. Tak hanya manusia saja, ternyata cacingan juga dapat menyerang hewan peliharaan seperti anjing dan kucing. Anjing dan kucing dapat terinfeksi cacing melalui telur cacing yang tidak sengaja tertelan. Kutu terkadang juga dapat membawa telur cacing sehingga dapat menimbulkan kucing terinfeksi. Selain itu penyakit ini bisa menyerang anak anjing atau kucing sejak dari lahir, karena cacing ditularkan saat induk bunting dan saat induk menyusui, karena adanya cacing muda dalam tubuh induk.

Empat jenis cacing yang paling sering menginfeksi kucing dan anjing adalah cacing gelang, cacing tambang, cacing pita, dan cacing hati.

Gejala yang ditimbulkan pada anjing dan kucing yang terinfeksi diantaranya dapat menyebabkan batuk, perut buncit, bulu kusam dan rontok, pertumbuhan terganggu, kurus, kadang muntah dan diare, kotoran mata banyak, lemah, nafsu makan berkurang.

Umumnya cacing keluar bersama kotoran dalam bentuk panjang seperti kawat, berwarna putih, dan panjang (cacing gelang), seperti biji ketimun berwarna putih (cacing pita).

Untuk memastikan hewan kesayangan anda tidak terinfeksi cacing, bisa dengan pemberian obat cacing secara rutin setiap 3 bulan sekali, atau pemeriksaan umum (general check up) ke dokter hewan.