KAMBING KARANGPUCUNG

Cilacap – Kecamatan Karangpucung yang terletak di bagian barat Kabupaten Cilacap merupakan sentra peternakan kambing Jawa Randu yang sudah berlangsung sejak lama, karena merupakan bagian dari budaya masyarakat pedesaan setempat dimana sebagian besar penduduknya beternak

Cilacap – Kecamatan Karangpucung yang terletak di bagian barat Kabupaten Cilacap merupakan sentra peternakan kambing Jawa Randu yang sudah berlangsung sejak lama, karena merupakan bagian dari budaya masyarakat pedesaan setempat dimana sebagian besar penduduknya beternak hewan kambing. Pada tahun 2019, tercatat jumlah kambing yang diternak oleh masyarakat sebanyak 25.153 ekor.

Kambing  khas  Karangpucung  merupakan  hasil  persilangan  antara  kambing Kacang  (Jawa)  dengan  kambing  ras Etawa.  Hasil  persilangan  tersebut menghasikan spesies baru yang kemudian disebut sebagai kambing Jawa Randu, yang mempunyai keunikan tersendiri karena mempunyai ciri fisik yang berbeda dari kambing PE maupun dengan kambing Kacang (lokal).

Kambing ini dikenal merupakan kambing potong unggul, dimana kambing ini memiliki prosentase daging yang cukup tinggi dan kualitas daging yang baik. Hasil peternakan kambing Jawa Randu memiliki peminat tinggi, bukan hanya dari masyarakat lokal saja namun juga peminat dari luar daerah bahkan luar provinsi.

Potensi peternakan kambing Jawa Randu di Kecamatan Karangpucung ini masih bisa dikembangkan lagi menjadi peternakan kambing Jawa Randu dengan sistem agribisnis untuk memperoleh peningkatan nilai ekonomi, tingkat efisiensi dan produktivitas yang lebih tinggi. Hal ini juga mendorong pengembangan wilayah Kecamatan Karangpucung sendiri dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.