Festival Buah dan Bonsai Langkah Awal Mempromosikan Potensi Buah dan Sayur di Cilacap

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cilacap melalui Dinas Pertanian Cilacap menggelar Festival Buah dan Bonsai, di Lapangan Krida Nusantara Kecamatan Cilacap Utara, pada tanggal 16-24 November 2019. Dalam acara festival buah itu, panitia pelaksana juga telah menyiapkan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cilacap melalui Dinas Pertanian Cilacap menggelar Festival Buah dan Bonsai, di Lapangan Krida Nusantara Kecamatan Cilacap Utara, pada tanggal 16-24 November 2019.

Dalam acara festival buah itu, panitia pelaksana juga telah menyiapkan berbagai macam lomba untuk menambah kemeriahan agenda tersebut.

Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamudji dalam sambutannya menyampaikan bahwa Festival Buah dan Bonsai ini bertujuan untuk memperkenalkan kepada masyarakat luas tentang potensi buah yang ada di Cilacap.

“Salah satu tujuannya adalah mempromosikan dan memperkenalkan potensi sumber alam yang dimiliki Cilacap, dalam hal ini buah-buahan,” jelasnya.

Tatto berharap kegiatan seperti ini dapat menjadi agenda rutin tahunan.Sehingga nantinya produk buah Cilacap dapat memenuhi konsumsi dan produksi di Cilacap.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Cilacap Supriyanto, SP, MP mengatakan bahwa festival buah kali ini mengangkat tema “Gemar Konsumsi Buah dan Sayur Sebagai Implementasi Bangga Mbangun Desa”.

“Kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan kegemaran masyarakat Cilacap untuk mengkonsumsi buah dan sayur. Khususnya buah dan sayur lokal.” katanya.

Supriyanto menambahkan selain festival, acara ini juga dirangkaikan dengan berbagai macam lomba. Seperti lomba kontes buah. Adapun jenis buah yang dilombakan, yakni buah pisang, pepaya, dan nanas.

Selain itu, pihaknya juga menggelar lomba mengukir buah, lomba merangkai buah dan sayur, serta lomba mewarnai untuk anak TK di wilayah Kecamatan Cilacap Utara. Di festival buah ini juga diadakan pameran tanaman hias dan bonsai.

Semua jenis lomba tersebut, nanti akan memperebutkan sejumlah hadiah menarik. (And)

Related Post