Program AUTS Hadir Untuk Selamatkan Peternak Sapi

Selain asuransi pada sektor pertanian, Kementrian Pertanian juga  meluncurkan program Asuransi Usaha Ternak Sapi/Kerbau (AUTS/K) untuk kelompok tani ternak sapi. Mengingat pertanggungan risiko oleh asuransi sangat bermanfaat bagi peternak sapi. Karena asuransi ini mampu menanggung

Selain asuransi pada sektor pertanian, Kementrian Pertanian juga  meluncurkan program Asuransi Usaha Ternak Sapi/Kerbau (AUTS/K) untuk kelompok tani ternak sapi. Mengingat pertanggungan risiko oleh asuransi sangat bermanfaat bagi peternak sapi. Karena asuransi ini mampu menanggung risiko dari sisi ekonomi dan psikologis.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap, Supriyanto, SP, MP mengatakan bahwa program yang diinisiasi pemerintah pusat ini bertujuan untuk memberikan perlindungan pada usaha ternak sapi terutama sapi betina produktif. Terlebih lagi, pemerintah sudah membuat peraturan pelarangan pemotongan betina produktif.

Adapun resiko yang ditanggung kematian akibat penyakit, kecelakaan dan kehilangan karena pencurian. Premi yang harus dibayarkan adalah 2% dari Rp 10.000.000 sebagai uang pertanggungan. Sehingga premi yang harus dibayarkan Rp 200.000/ekor/tahun, namun ada subsidi dari pemerintah melalui anggaran APBN sebesar 80% atau Rp 160.000/ekor/tahun jadi peternak cuma membayar yang 20% atau Rp 40.000/ekor/tahun sebagai premi swadaya untuk edukasi.

Kriteria sapi yang diasuransikan antara lain sapi betina kondisi sehat, memiliki penandaan/identitas yang jelas (eartag/anting), umur sapi minimal 1 (satu) tahun. Jangka waktu proteksi/penjaminan sapi selama 1 tahun.

Jika sapi yang di asuransikan mengalami kematian disebabkan oleh penyakit, beranak, kecelakaan, sapi hilang akibat pencurian, maka peternak akan mendapatkan nilai klaim sebesar Rp. 10.000.000, sehingga nilai klaim diharapkan dapat membeli sapi bakalan untuk calon indukan. Bagaimana para peternak? Murah kan? (Ahl)

Related Post