Adipala Miliki Prospek Bagus Untuk Jadi Sentra Bawang Merah

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap, Supriyanto, SP, MP menegaskan bahwa sebagian wilayah di Adipala sangat prospektif sebagai sentra bawang merah. Diterangkannya, Kecamatan Adipala mempunyai Sumber Daya Pertanian yang cukup berpotensi positif bagi kemajuan di Adipala.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap, Supriyanto, SP, MP menegaskan bahwa sebagian wilayah di Adipala sangat prospektif sebagai sentra bawang merah.

Diterangkannya, Kecamatan Adipala mempunyai Sumber Daya Pertanian yang cukup berpotensi positif bagi kemajuan di Adipala. Hal inilah yang terus dilakukan oleh pihaknya, baik dalam hal pembinaan serta dukungan bisa juga bantuan dari Pemerintah Daerah sendiri, pada kelompok tani, masyarakat dan para petani.

“Perlu ada langkah pasti kedepannya, agar lebih mandiri dan berswakarya. Baik itu Petani, Kelompok Tani dan masyarakat itu sendiri,” kata Supriyanto.

Setelah melakukan cek lapangan pada beberapa lokasi pertanian di Adipala, Kepala Bidang Hortikultura, Ir. Toendan Iriani, MP menjelaskan bahwa wilayah pertaniannya cukup prospektif dikembangkan sentra bawang merah di Kabupaten Cilacap. Jika diperbandingkan kualitas bawang merah Adipala bisa dikatakan tidak kalah dengan daerah lain.

“Untuk itu para petani bawang merah akan kita lakukan pembinaan, pendampingan serta support agar dalam pengelolaan pertanian bawang merah bisa lebih profesional lagi, dan mendapatkan bawang merah yang berkualitas,” tegas Kabid Hortikultura itu.

Selain itu, Toendan berharap pada para kelompok tani, petani dan masyarakat untuk benar – benar bisa memanfaatkan lahannya yang kosong agar bisa dioptimalisasikan. (Ahl)