Kelompok Tani Makmur Panen Hasil Budidaya Bawang Merah di Lahan 8 Hektare

Cilacap – Kelompok Tani Makmur melakukan panen bawang merah yang berlokasi di Desa Bunton, Kecamatan Adipala, Jumat (4/10/2019). “Panen bawang merah Kelompok Tani (poktan) tersebut sebagai bentuk keseriusan pengembangan bawang merah di Cilacap,” kata Kepala Dinas

Cilacap – Kelompok Tani Makmur melakukan panen bawang merah yang berlokasi di Desa Bunton, Kecamatan Adipala, Jumat (4/10/2019).

“Panen bawang merah Kelompok Tani (poktan) tersebut sebagai bentuk keseriusan pengembangan bawang merah di Cilacap,” kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap, Supriyanto, SP, MP.

Supriyanto menambahkan, untuk panen yang dilakukan Kelompok Tani Makmur tersebut dilahan seluas 8 hektare. Untuk sampelnya sendiri di lahan milik Arjo didapat hasil hampir 19 ton bawang kering per hektarnya.

“Pada kesempatan tersebut kelompok tani maju bersama melakukan panen di lahan 8 hektar dengan hasil sekitar 140 ton bawang merah,” jelasnya.

Lebih lanjut ia juga berharap bahwa hasil panen tersebut tidak hanya menjadi bahan konsumsi masyarakat tetapi juga bisa menjadi bibit.

“Bisa untuk budidaya bawang merah di kemudian hari sehingga masyarakat dapat berswadaya dan mandiri dalam pembibitan,” pungkasnya.

Dari data yang ada saat ini menyebutkan bahwa di Cilacap masih kurang lahan seluas 393 hektar untuk memenuhi kebutuhan konsumsi masyarakat dalam 1 tahun. (And)

Related Post