Peringati Rabies Day, Dispertan Cilacap Vaksinasi Ratusan Hewan Peliharaan

Sambut peringatan hari Rabies Dunia 2019, Dinas Pertanian (Dispertan) Kabupaten Cilacap memberikan vaksinasi rabies secara gratis kepada hewan peliharaan masyarakat. Pemberian vaksinasi tersebut dipusatkan di pendopo dan halaman Kecamatan Sidareja, Sabtu (28/09/2019). Kepala Seksi Kesehatan

Sambut peringatan hari Rabies Dunia 2019, Dinas Pertanian (Dispertan) Kabupaten Cilacap memberikan vaksinasi rabies secara gratis kepada hewan peliharaan masyarakat. Pemberian vaksinasi tersebut dipusatkan di pendopo dan halaman Kecamatan Sidareja, Sabtu (28/09/2019).

Kepala Seksi Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner pada Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dispertan Cilacap, Slamet Sugino, S.Pt mengatakan, pemberian vaksinasi rabies gratis merupakan rangkaian program peringatan hari rabies dunia September 2019.

” Vaksinasi rabies kita berikan terhadap Kucing, Anjing, Musang dan Kera (Monyet). Sedikitnya 200 hewan peliharaan telah divaksin,” jelasnya.

Menurut dia, sejauh ini tidak ditemukan kasus rabies. Meski begitu, pihaknya tetap harus mewaspadai dengan melakukan berbagai antisipasi. Diantaranya, melakukan pemberian vaksinasi rabies ke sejumlah hewan peliharaan.

” Rabies merupakan penyakit zoonosis yang bisa menular dari hewan ke manusia dan dapat menimbulkan kematian. Karenanya, harus diantisipasi dengan melakukan pemeriksaan hewan juga pemberian vaksinasi rabies,” sambungnya.

Pemberian vaksinasi rabies bagi hewan sebenarnya bukan hanya saat rabies day, tapi sudah sejak dulu kita  laksanakan vaksinasi rabies dengan sistem door to door.

Dia menyebut, Kucing dan Anjing merupakan hewan yang rentan terhadap penularan penyakit rabies. Untuk itu harus diantisipasi dengan melakukan pemeriksaan berkala dan pemberian vaksin rabies.

” Kita imbau masyarakat yang memiliki hewan peliharaan, Kucing, Anjing, Musang dan lainnya agar rutin memberikan vaksinasi supaya terhindar penyakit rabies,” pungkasnya.

Untuk menyukseskan kegiatan tersebut, pihaknya juga bekerjasama dengan Persatuan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Cabang Jateng 2 dan Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Cilacap.

Selain pemberian vaksin rabies gratis, pihaknya juga menyelenggarakan sosialisasi penanganan gigitan hewan penularan rabies dan pengobatan konsultasi kesehatan hewan gratis. (Ahl)

Related Post