Kadispertan Tinjau Calon Lokasi Agrowisata Madura

Cilacap – Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap Supriyanto, SP, MP meninjau calon lokasi agrowisata yang ada di Desa Madura, Selasa (24/09/2019). Kedatangannya kali ini bersamaan dengan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Cilacap Hj. Tetti Rohatiningsih.

Cilacap – Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap Supriyanto, SP, MP meninjau calon lokasi agrowisata yang ada di Desa Madura, Selasa (24/09/2019). Kedatangannya kali ini bersamaan dengan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Cilacap Hj. Tetti Rohatiningsih. S.Sos.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Cilacap Hj. Tetti Rohatiningsih. S.Sos. mengatakan, wilayah Cilacap bagian barat merupakan wilayah pengembangan untuk buah dan sayuran. Namun saat ini, tenaga kerja di bidang pertanian semakin sedikit. Sehingga perlu adanya mekanisasi alat pertanian seperti cultivator.

Sementara itu, Kadispertan Cilacap Supriyanto, SP, MP mengatakan, untuk bisa terwujudnya Agro Wisata Buah di Desa Madura perlu campur tangan pemerintah daerah Cilacap. Buah yang menjadi andalan di Madura yakni Buah Belimbing Madu, yang memiliki rasa manis khas. Untuk pengembangannya, Dinas Pertanian sudah bekerjasama dengan LPPM Unsoed Purwokerto untuk membuat roadmap agrowisata.

“Saya sarankan agar para petani jangan sampai menjual bibit pohon Buah Belimbing Madu tersebut, yang harus diperhatikan adalah, bagaimana caranya menjual buah Belimbing Madu ini ” jelasnya.

Supriyanto berharap, Pemerintah Desa Madura dapat segera membuat Peraturan Desa (Perdes) agar bibit belimbing madu ini tidak bisa dijual keluar, tetapi yang dijual adalah buahnya.

Selain belimping madu, Desa Madura juga berhasil membudidayakan Jambu Kristal, Jeruk Dekopon, Jeruk Lemon, dan buah Pepaya California. Potensi yang ada bukan tidak mungkin dikembangkan sebagai argo wisata buah, seperti halnya di Taman Buah Mekarsari.

Kepala Desa Madura Ky. Nursidik menyampaikan terimakasih kepada Hj. Tetti Rohatiningsih dan Supriyanto, SP, MP Kadispertan Cilacap yang sudah meluangkan waktu untuk bisa meninjau perkebunan buah yang ada di Desa Madura.

Nursidik berharap, agar kedepannya pihak terkait bisa membantu untuk mewujudkan bahwa Desa Madura menjadi Desa Agrowisata Buah.

Dalam kesempatan tersebut juga, Dinas Pertanian juga memberikan beberapa alat mesin pertanian (Alsintan) yang diserahkan kepada Kelompok Tani. Bantuan tersebut diharapkan agar dapat digunakan dengan baik.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri pula oleh Forkopimcam Wanareja, Ketua Petani Hortik Distrik Majenang,  serta para Kades se Kecamatan Wanareja, Dinas Instansi, dan para Kepala Sekolah SMP. (Kar)

Related Post