Dinas Pertanian Cilacap Salurkan 38,95 Kwintal Benih Padi

Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap menyalurkan 38,95 kwintal benih padi kepada petani di 6 (enam) kecamatan. 37,7 Kw varietas Ciherang untuk bantuan bagi petani yang mengalami  bencana alam kekeringan dan 1,25 Kw varietas Inpari IR Nutri

Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap menyalurkan 38,95 kwintal benih padi kepada petani di 6 (enam) kecamatan. 37,7 Kw varietas Ciherang untuk bantuan bagi petani yang mengalami  bencana alam kekeringan dan 1,25 Kw varietas Inpari IR Nutri Zinc. Penyaluran ini dilakukan untuk meningkatkan produksi padi di Kabupaten Cilacap.

Kepala Bidang Tanaman Pangan pada Dinas Pertanian Kabupaten CIlacap Ermawati Syahyuni, SP, MP menuturkan, penyaluran benih tersebut disalurkan kepada 26 kelompok tani.

“Setelah penyaluran ini, kami akan terus mengawasi proses tanamnya. Kami ingin benih unggul benar-benar dapat meningkatkan produksi padi,” ujarnya.

Lebih lanjut, Ermawati menjelaskan, selain penyaluran benih, pihaknya juga sedang melakukan penangkaran beberapa benih varietas padi Inpari Nutri Zinc. Penangkaran dilakukan di Kecamatan Maos dengan lahan seluas 3 hektare. Varietas Inpari IR Nutri Zinc memiliki kandungan Zn rata-rata sebesar 34,51 ppm atau sekitar 10,45 ppm lebih tinggi daripada umumnya kandungan Zn varietas yang umum dibudidayakan petani, seperti misalnya Ciherang (24,06 ppm).

“Kami berharap penangkaran ini dapat memenuhi benih padi unggulan sesuai dengan permintaan para petani. Nantinya kami juga akan menempatkan penangkaran di setiap kecamatan,” tambahnya.

Ermawati menjelaskan, banyak manfaat dari varietas padi Inpari Nutri Zinc. Salah satunya untuk mengatasi stunting atau kekerdilan. Stunting adalah kondisi gangguan pertumbuhan pada anak sehingga memiliki ukuran tinggi badan lebih rendah (kerdil) dari standar usianya. Hal tersebut merupakan akibat kekurangan gizi yang kronis terutama pada 1.000 hari pertama hingga usia di bawah tiga tahun (batita).

Salah satu penyebab stunting adalah kurangnya asupan zinc (Zn) ke dalam tubuh, terutama bagi ibu hamil dan anak dalam masa pertumbuhan (balita). Zn merupakan komponen pembentuk lebih dari 300 enzim yang berfungsi antara lain untuk penyembuhan luka, menjaga kesuburan, sintesa protein, meningkatkan daya tahan tubuh, dan berbagai fungsi terkait kesehatan tubuh. (Ahl)

Related Post