Genjot Produksi Pertanian Cilacap, Petani Diberi 62 Unit Alsintan

Cilacap – Kelompok Tani (Poktan) dan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) di Kabupaten Cilacap, Selasa (10/09/2019), mendapatkan bantuan 62 unit alat mesin pertanian (Alsintan). Di antaranya 2 unit Traktor roda 2, 7 unit Mesin potong rumput, 19

Cilacap – Kelompok Tani (Poktan) dan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) di Kabupaten Cilacap, Selasa (10/09/2019), mendapatkan bantuan 62 unit alat mesin pertanian (Alsintan). Di antaranya 2 unit Traktor roda 2, 7 unit Mesin potong rumput, 19 unit Pompa air, 20 unit Power Thresser, dan 14 unit Handsprayer elektrik.

Kepala Dinas Pertanian Cilacap Supriyanto, SP, MP mengatakan, sebanyak 62 unit alsintan itu diberikan langsung kepada Poktan maupun Gapoktan di Cilacap.

“Melalui bantuan ini, kami berharap yang bisa menjadi solusi terkait semakin sulitnya tenaga kerja di bidang pertanian. Kemudian yang kedua bisa sebagai upaya percepatan tanam yang ketiga adalah untuk menurunkan biaya produksi,” jelasnya.

Ia menambahkan, pihaknya juga akan melakukan pendampingan. Dengan demikian, alat dengan standar yang sudah bagus ini dapat dikelola dengan sebaik-baiknya.

Dengan adanya bantuan alsintan tersebut, diharapkan mampu mengakselerasi proses aktivitas pra panen dan pasca panen.

“Serta bantuan ini dapat dimanfaatkan secara optimal oleh kelompok tani,” harapnya.

Dia meminta kepada kelompok tani yang menerima bantuan alsintan ini dapat memelihara alat tersebut dengan baik agar alat mesin pertanian ini bisa bertahan lebih lama sehingga bisa meringankan pekerjaan petani.

“Gunakan bantuan alat dan mesin pertanian ini sesuai dengan fungsinya. Saya berharap bantuan ini bisa mempermudah petani dalam mengolah lahan pertaniannya,” harapnya. (And)

Related Post