DINAS PERTANIAN KEMBALI GELAR LAPAK PETANI

Lapak petani kembali digelar Dinas Kabupaten Cilacap, Jumat (6/9/2019) di halaman kantor Dinas Pertanian Cilacap. Program ini merupakan rutin dari Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap, dan telah berjalan selama hampir 9 bulan. Komoditas yang dijajakan adalah

Lapak petani kembali digelar Dinas Kabupaten Cilacap, Jumat (6/9/2019) di halaman kantor Dinas Pertanian Cilacap. Program ini merupakan rutin dari Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap, dan telah berjalan selama hampir 9 bulan.

Komoditas yang dijajakan adalah beras, berbagai produk hortikultura seperti sayur mayur, dan buah-buahan yang semuanya dijual di bawah harga pasar.
Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap, Supriyanto menjelaskan, kegiatan ini untuk memfasilitasi petani untuk menjual produknya secara langsung kepada konsumen. Dalam hal ini, konsumen yang meminta tidak hanya reseller.

“Ini menjadi kegiatan yang memang diharapkan petani Cilacap. Memang pemasaran produk pertanian yang istimewa saat ini masih menjadi tantangan, terutama harga. Oleh karena itu melalui ‘Lapak Petani’ kami memfasilitasi perdagangan langsung antara petani dengan konsumen, ”katanya.

Dijelaskan, harga yang ditawarkan disini tergoling murah. Seperti bawang merah yang dijual dengab harga Rp 10 ribu rupiah perkilogram, sawi dijual Rp 2 ribu per ikat, kacang panjang Rp 4 ribu perikat, Pepaya 5 ribu perkilo, Bengkuang Rp 5 ribu per ikat, dan masih banyak komoditas lainnya.

“harganya sudah pasti murah, itu bawang merah Rp 10 ribu perkilonya, ada yang lain juga yang pasti murah”tambahnya.
Ia berharap agar kegiatan seperti ini dapat dimanfaatkan petani untuk lebih meningkatkan perekonomian mereka. (Ahl)

Related Post