DINAS PERTANIAN CILACAP GELAR SOSIALISASI E-RDKK

Cilacap – Dalam rangka penyusunan kebutuhan pupuk dan pendampingan penyaluran pupuk tahun 2020, Dinas Pertanian Cilacap melalui Bidang Penyuluhan menggelar sosialisasi pengisian e-RDKK secara online. Sosialisasi dan simulasi pengisian e-RDKK pupuk bersubsidi diadakan di Aula

Cilacap – Dalam rangka penyusunan kebutuhan pupuk dan pendampingan penyaluran pupuk tahun 2020, Dinas Pertanian Cilacap melalui Bidang Penyuluhan menggelar sosialisasi pengisian e-RDKK secara online.

Sosialisasi dan simulasi pengisian e-RDKK pupuk bersubsidi diadakan di Aula Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap, kamis (29/08/2019) dan di ikuti oleh Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) wilayah eks Distrik Cilacap dan ketua kelompok tani.

Iswanto, S.ST selaku narasumber kegiatan mengatakan, tujuan kegiatan ini untuk memberikan arah dan kebijakan dalam penyusunan rencana kegiatan usaha tani. Serta untuk meningkatkan kapasitas penyuluh dalam pendampingan penyaluran pupuk.

“Para petani atau kelompok tani dapat memperoleh pupuk bersubsidi apabila PPL menyiapkan Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK), untuk itu PPL harus memfasilitasi penyusunan RDKK”, jelasnya.

RDKK adalah rencana kebutuhan pupuk bersubsidi untuk jangka waktu satu tahun yang disusun berdasarkan musyawarah poktan atau penyalur sarana produksi pertanian.

” RDKK ini berupa web base dengan tambahan atribut antara lain berupa NIK. Alokasi pupuk bersubsidi ini untuk sektor pertanian ditetapkan dengan Peraturan Menteri Pertanian (Permentan) dan diperuntukkan bagi petani yang telah bergabung dalam kelompok tani dan telah menyusun RDKK tersebut serta khususnya untuk e-RDKK harus ada data nama ibu kandung”,terangnya.

Dirinya menambahkan, pupuk bersubsidi ini juga disalurkan kepada Petani yang melakukan usaha tani sub-sektor tanaman pangan, sub-sektor Hortikultura dan sub-sektor Peternakan.

Iswanto berharap, dengan adanya terobosan seperti ini mampu menjembatani petani dalam mengakses pupuk bersubsidi diwilayah Kabupaten Cilacap. (And)

Related Post