Pemkab Cilacap Ikuti Pameran Soropadan Agro Expo 2019 di Temanggung.

Cilacap – Pemerintah Kabupaten Cilacap melalui Dinas Pertanian, mulai Kamis (04/07/2019) hingga Senin (08/07/2019) ikuti pameran produk unggulan pertanian di ajang Soropadan Agro Expo tahun 2019, di Pusat Pelayanan Agribisnis Petani (PPAP) Agro Center Soropadan

Cilacap – Pemerintah Kabupaten Cilacap melalui Dinas Pertanian, mulai Kamis (04/07/2019) hingga Senin (08/07/2019) ikuti pameran produk unggulan pertanian di ajang Soropadan Agro Expo tahun 2019, di Pusat Pelayanan Agribisnis Petani (PPAP) Agro Center Soropadan Kecamatan Pringsurat Kabupaten Temanggung.

Acara 2 tahunan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah tersebut dalam rangka ajang promosi efektif produk pertanian dan komoditi unggulan daerah. Pameran tersebut diikuti 35 kabupaten dan kota se Jateng dan dibuka langsung oleh Gubernur Ganjar Pranowo dengan dihadiri Dirjen Kementrian Pertanian, jajaran Pemprov Jateng, DPRD Jateng, Bupati dan Walikota se Jawa Tengah.

Dalam acara tersebut Kabupaten Cilacap turut serta memamerkan berbagai komoditas pertanian, berupa buah-buahan dan sayuran yang belum banyak diketahui masyarakat. Diantaranya buah Jeruk Siem Dari Gandurungmangu Jambu Kristal dari Desa Madura Kec. Wanareja dimana komoditi tersebut menjadi produk unggulan dari kabupaten Cilacap. Selain itu ada Produk Olahan Seperti Sale Pisang Original , Sale Pisang Keju, Tepung Tapioka dari desa Bengbulang Kec.Karangpucung dll

Kepala Dinas Pertanian,Supriyanto, SP.MP mengatakan bahwa keikutsertaannya dalam pameran ini untuk memperkenalkan produk-produk unggulan hasil bumi dari Kabupaten Cilacap, agar bisa lebih luas diketahui banyak orang. Tidak hanya kalangan konsumen saja, namun juga dunia usaha dan pelaku bisnis pertanian serta hortikultura.

“Tidak hanya di pameran Soropadan Expo saja, Kabupaten Cilacap juga beberapa kali ikut di sejumlah pameran daerah lain seperti Festival Buah Di Magelang,dan kota lain,”(04/07/2019)

Soropadan Expo merupakan pameran yang bagus. Saat yang tepat untuk memperkenalkan dan mempromosikan Cilacap sebagai penghasil buah dan komoditas pertanian lainnya yang tidak kalah dengan wilayah lain.

“Ini bukti bahwa kini Cilacap tampil beda. Cilacap sudah berubah menjadi penghasil buah-buahan, bukan lagi dikenal sebagai daerah yang kering dan tandus. Beberapa pegawai provinsi juga tadi kaget, ternyata Cilacap bisa menghasilkan buah-buahan yang baik.

saat ini Cilacap sudah berubah, hal ini terlihat dari buah-buahan lokal Cilacap mulai nampak disejumlah wilayah kabupaten Cilacap dan setiap tahunya semakin banyak.

“Buah lokal Cilacap sudah mulai berani bersaing, sejumlah varietas bahkan sudah memiliki sertifikat, adanya kegiatan ini tentu juga sebagai ajang promosi potensi potensi di masing masing daerah.

Dengan adanya acara ini Kepala Dinas Pertanian Kab.Cilacap meminta agar para petani tidak berpuas diri dan bisa terus belajar dan belajar agar , buah buahan lokal Cilacap semakin dikenal pada kalangan masyarakat luas .

“Sejumlah komoditi lain memang sudah berani bersaing, namun lainya kita harus belajar dari daerah daerah lain yang sudah maju,” tuturnya.

Dalam acara Soropadan Expo tahun 2019 ini juga dilakukan penyerahan juara juara di bidang pertanian. Kab.Cilacap Meraih Juara III Lomba Dokter Hewan Kecil Yang Langsung Diserahkan oleh Gubernur Jawa Tengah Bapak Ganjar Pranowo

Related Post