Takmir Masjid di Kabupaten Cilacap Ikuti Pelatihan Penanganan Hewan Qurban

CILACAP – Dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Adha 1440 H Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap menyelenggarakan Pelatihan Penanganan Hewan Qurban bagi Takmir Masjid di Kabupaten Cilacap.  Pelatihan ini berlangsung mulai bulan Juni – Juli bertempat di

CILACAP – Dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Adha 1440 H Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap menyelenggarakan Pelatihan Penanganan Hewan Qurban bagi Takmir Masjid di Kabupaten Cilacap.  Pelatihan ini berlangsung mulai bulan Juni – Juli bertempat di Aula Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap dan diikuti oleh 160 peserta yang merupakan takmir masjid dari seluruh kecamatan di wilayah Kabupaten Cilacap. Sebagai pengisi materi adalah para dokter hewan yang bertugas di Dinas Pertanian.

Dalam kesempatan ini peserta dibekali dengan materi penyakit ternak yang perlu diwaspadai dan sering menjangkiti hewan qurban, penanganan penyembelihan dan penyelenggaraan hewan qurban serta materi tentang kesejahteraan hewan qurban. Setelah mendapatkan materi tersebut, seluruh peserta diajak ke UPT RPH Dinas Pertanian guna menyaksikan praktik langsung teknik merobohkan hewan qurban (sapi) menggunakan metode Burley & Reef/Rope Squeeze. Diharapkan dengan teknik yang benar akan sangat menentukan kesempurnaan penyembelihan karena darah mengalir/keluar dengan maksimal & sempurna sehingga mendapatkan kualitas daging yang segar & sehat. Praktik dilanjutkan dengan tata cara penyembelihan hewan qurban serta penanganan hewan qurban yang baik dan benar.

Setelah mengikuti pelatihan ini diharapkan para takmir masjid yang bakal bertugas melaksanakan penyembelihan dan penyaluran daging hewan kurban di wilayahnya masing-masing mempunyai pengetahuan, wawasan dan juga keterampilan yang meningkat khususnya dalam penanganan hewan qurban. Selain itu para peserta diharapkan dapat melindungi masyarakat melalui penyediaan daging qurban yang ASUH (Aman Sehat Utuh & Halal), dari perolehan, penanganan, penyembelihan, penanganan daging, hingga proses distribusi. (Ben)

Related Post