Jelang Bulan Ramadhan Dinas Pertanian Gelar Lapak Petani

CILACAP – Sebanyak 34 petani yang berasal dari berbagai wilayah Kabupaten Cilacap, Jumat (3/5/2019) menjajakan dagangannya dalam bursa ‘Lapak Petani’ di Alun Alun Cilacap. Program ini merupakan terobosan dari Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap, dan telah berjalan

CILACAP – Sebanyak 34 petani yang berasal dari berbagai wilayah Kabupaten Cilacap, Jumat (3/5/2019) menjajakan dagangannya dalam bursa ‘Lapak Petani’ di Alun Alun Cilacap. Program ini merupakan terobosan dari Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap, dan telah berjalan untuk keempat kalinya.

Komoditas yang dijajakan yakni beras kualitas medium, berbagai produk hortikultura seperti sayur mayur, cabai, dan buah buahan. Tersedia pula berbagai produk peternakan seperti daging ayam, telur ayam, dan produk olahan susu yang semuanya dijual di bawah harga pasar.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap, Supriyanto dalam laporannya menjelaskan, kegiatan ini bertujuan memfasilitasi petani untuk menjual produknya secara langsung kepada konsumen. Dalam hal ini, konsumen yang dimaksud tidak hanya rumah tangga tetapi juga reseller.

“Ini juga terkait persiapan jelang Ramadhan. Memang pemasaran produk pertanian yang sifatnya musiman saat ini masih menjadi kendala, terutama harga. Oleh karena itu melalui ‘Lapak Petani’ kami berupaya memfasilitasi perdagangan langsung antara petani dengan konsumen”, kata Supriyanto.

Dijelaskan, pada bulan Juni – Juli 2019 para petani jeruk di wilayah Kecamatan Gandrungmangu akan memasuki panen raya. Agar komoditas tersebut terserap pasar, Dinas Pertanian berencana akan menggelar program serupa di Alun Alun Cilacap.

“Sasarannya tidak hanya konsumen langsung, tetapi juga pengguna jalan. Kepada mereka , akan kami sampaikan bahwa kami memiliki stok yang banyak di kalangan petani”, tambahnya.

Sementara itu Bupati Cilacap Tato Suwarto Pamuji mengapresiasi pelaksanaan bursa ‘Lapak Petani’. Menurut dia program sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesejahteraan petani. Dengan alur distribusi yang lebih pendek, petani dapat memperoleh keuntungan yang lebih besar.

“Saya juga punya gagasan, saat Ramadhan ini ada sentra kuliner. Jalan depan Alun Alun ini sementara ditutup. Mereka yang punya usaha pertanian maupun kuliner bisa bergabung di sana”, kata Bupati.

Usai membuka ‘Lapak Petani’, Bupati bersama Wakil Bupati Syamsul Alulia Rachman, Sekretaris Daerah Farid Ma’ruf, dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Cilacap meninjau lapak-lapak petani. Bupati juga membeli beberapa produk pertanian, dan menyempatkan diri berfoto bersama.(dn/kominfo)

Sumber : cilacapkab.go.id

 

Related Post