Dinas Pertanian Kab.Cilacap Menggelar Kontes & Expo Ternak 2018.

DINAS PERTANIAN-Potensi peternakan kambing di Kabupaten Cilacap yang begitu besar, belum sepenuhnya dikembangkan dan dieksplorasi. Untuk itu Dinas Petanian Kabupaten Cilacap Menyelenggarakan Kontes dan Expo Ternak Domba dan Kambing tahun 2018. Acara ini di selenggarakan

DINAS PERTANIAN-Potensi peternakan kambing di Kabupaten Cilacap yang begitu besar, belum sepenuhnya dikembangkan dan dieksplorasi. Untuk itu Dinas Petanian Kabupaten Cilacap Menyelenggarakan Kontes dan Expo Ternak Domba dan Kambing tahun 2018. Acara ini di selenggarakan pada hari Sabtu-Minggu (27-28 Oktober 2018) dan dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap Bapak Drs. Farid Maruf, MM.

“Harapannya melalui kontes ternak ini, bibit-bibit unggulan di Kabupaten Cilacap keluar semua”, kata Kepala Bidang Peternakan pada Dinas Pertanian Cilacap, Daryono.

Kontes ternak kambing selalu diramaikan jenis Etawa, kali ini panitia juga memasukkan ras Jawa Randu. Kriteria penilaian untuk ras Jawa Randu, menurut Daryono tidak jauh berbeda dengan Etawa yang telah memiliki standar nasional. Selain itu juga terdapat kelas indukan,calon pejantan, PE Lokal Cilacap dan PE Eks.Karsidenan.

Beberapa aspek penilaian antara lain penampilan, kesehatan, tinggi/berat badan, serta garis keturunan. Kontes Ternak dan Expo Produk Peternakan ini diselenggarakan di Lapangan Holcim, Jalan Damar Cilacap. Sejumlaah produk peternakan unggulan Cilacap juga akan ditampilkan dalam kontes ini, seperti produk olahan makanan, olahan produk peternakan, serta pupuk.

“Kambing yang pernah juara tidak boleh ikut kontes. Hanya boleh ikut pameran saja”, katanya.

Panitia menargetkan kontes ini diikuti 100 peserta. Untuk mensukseskan gelaran ini Dinas Pertanian telah berkoodinasi dengan Asosiasi Peternak Kambing, agar dapat berpartisipasi. Selain itu, pada kesempatan yang sama Dinas Pertanian juga akan mengadakan vaksinasi rabies bagi binatang peliharaan komunitas pecinta binatang di Kabupaten Cilacap selain itu acara KOntes Dan Expo Ternak juga di meriahkan dengan lomba-lomba antara lain. Lomba mewarnai hewan ternak tingkat TK dan PAUD, Lomba menangkap domba, dan Lomba meawarnai domba.(Bayu)

Related Post