PERAN PUSKESWAN DALAM MENDUKUNG PETERNAKAN KABUPATEN CILACAP

Pembangunan peternakan di Kabupetan Cilacap akan berhasil manakala ternak dan lingkungan budidaya ternak sehat dan bebas penyakit. Menurut Kepala Seksi Keswan dan Kesmavet Dinas Pertanian, Slamet Sugino, S.Pt beberapa penyakit yang masih sering terjadi hampir

Pembangunan peternakan di Kabupetan Cilacap akan berhasil manakala ternak dan lingkungan budidaya ternak sehat dan bebas penyakit. Menurut Kepala Seksi Keswan dan Kesmavet Dinas Pertanian, Slamet Sugino, S.Pt beberapa penyakit yang masih sering terjadi hampir setiap tahun pada ternak sapi antara lain helmentiasis (cacingan), demam tiga hari dan penyakit gangguan reproduksi. Sementara scabies (gudig) masih sering menyerang pada ternak kambing, dan  penyakit Avian Influenza (Flu Burung), Newcastle Disease (Tetelo) pada unggas.

Melihat betapa pentingnya peran menjaga kesehatan hewan/ternak agar dapat berproduksi optimal, maka peran dari lembaga dibidang peternakan yang memberikan pelayanan kesehatan hewan langsung ke masyarakat perlu mendapat perhatian. Puskeswan merupakan sebagai pusat pelayanan di sub sektor peternakan berfungsi sebagai ujung tombak bidang kesehatan hewan yang mempunyai tugas pokok melakukan pelayanan bidang kesehatan hewan. Tujuan pelayanan yang diberikan oleh puskeswan adalah untuk menciptakan, memelihara, dan meningkatkan kualitas status kesehatan hewan atau ternak agar produktifitasnya dapat maksimal.

Puskeswan Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap berlokasi di Jl. Raya Jeruklegi, Desa Tritih Wetan Kecamatan Jeruklegi. Puskeswan yang mulai aktif sejak tahun 2014 ini dalam melakukan tugas dan fungsinya puskeswan mengacu pada Peraturan Menteri Pertanian Nomor 64/Permentan/OT.140/9/2007, Tentang Pedoman Pelayanan Pusat Kesehatan Hewan, yang kegiatannya sebagai berikut :

  1. Pelaksanaan penyehatan hewan
  2. Pemberian pelayanan kesehatan masyarakat veteriner
  3. Pelaksanaan epidemiologik
  4. Pelaksanaan informasi veteriner dan kesiagaan darurat wabah
  5. Pemberian jasa veteriner

Puskeswan ini beroperasi mulai pukul 08.00 sampai dengan 15.00 setiap harinya dengan diampu oleh dokter hewan dan paramedik  veteriner yang selalu standby di lokasi. Selain pelayanan kesehatan ternak (sapi, kambing, domba dan unggas) puskeswan juga melayani hewan kesayangan seperti anjing dan kucing.

Related Post